Booking.com

Zero AIDS 2030 Kini Saatnya, Jawa Barat BEBAS HIV/AIDS

Bandung, Hari AIDS Sedunia di Jawa Barat di pusatkan di Car Free Day Dago, Minggu 6 Desember 2015 dengan Tema “ Perilaku Sehat Adalah Awal Dari Pencegahan HIV/AIDs dan Saatnya Bertindak Untuk Berperilaku Sehat “ Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar beserta istri hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan sambutannya serta mengajak kita semua untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya, sehingga kita diberikan kesempatan dan kesehatan untuk memperingati hari AIDS sedunia melalui program Aku Bangga Aku Tahu

HIV dan Narkoba merupakan salah satu persoalan besar yang tengah dihadapi bangsa Indonesia dan seluruh bangsa-bangsa di dunia. Saat ini, sudah ada jutaan orang di dunia, terutama generasi muda telah menjadi korban HIV dan NARKOBA, dan kita semua memahami bahwa masa depan suatu masyarakat, bangsa dan negara adalah berada di pundak generasi mudanya, dampak negatif yang ditimbulkan oleh HIV dan NARKOBA ini, baik secara fisik, psikis, sosial, ekonomi dan budaya menjadikan suatu alasan yang kuat bahwa HIV dan NARKOBA adalah ‘musuh bersama’ seluruh umat manusia. Kiranya upaya untuk membebaskan bangsa dari cengkeraman HIV dan NARKOBA adalah menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh komponen bangsa Indonesia. Sejalan dengan masalah yang dihadapi, Indonesia telah melaksanakan strategi penanggulangan HIV dan AIDS salah satunya melalui program Aku Bangga Aku Tahu. Dengan harapan, remaja paham dan mengerti tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

Selain itu tidak kalah pentingnya memberikan pemahaman yang benar dan komprehensif tentang HIV/AIDS kepada populasi risiko yaitu usia 15 – 24 tahun. Agar selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Semoga momentum peringatan hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2015 menyadarkan kita semua, dapat meningkatkan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS sebagai ‘musuh bersama’ umat manusia di dunia yang diawali dengan diterapkannya perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari, disela-sela itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dr. Hj. ALMA LUCYATI, M.Kes. MM, MH. Kes. menyampaikan bahwa Kasus HIV/AIDS di Jawa Barat dari tahun 1989 sampai dengan September 2015 mencapai 22.177 Kasus HIV dan 6.165 Kasus AIDS , 67,9% laki-laki, dan 37,7 % perempuan.

Kasus terbanyak pada usia produktif yaitu : Usia 20-29 tahun: 47,1 %, Usia 30-39 tahun : 35,6%, dan sisanya sebesar 17,3%. Berdasarkan Kelompok Risiko pengguna Napza Suntik 48,2%, Heterosex 40%, Perinatal/Anak 4,2%, Bisex/Homosex 4 %, Transfusi darah 0,2%, pengguna tatto 0,06% dan tidak diketahui 3,34%, sehingga dengan program Aku Bangga Aku Tahu, dengan berbagai macam kampanye dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan yang benar dan Komprehensif pada kaum muda usia 15 - 24 tahun tentang HIV-AIDS, cara penularan (dan cara-cara yang tidak menularkan) dan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegahnya sampai 95 % pada akhir tahun 2015, dengan demikian kita akan menuju Getting to Zero (zero new infected, zero discrimination, zero HIV related death) dengan sasaran kampanye pengunjung car free day Dago, peserta didik di SMP dan SMA/Sederajat, mahasiswa, pekerja formal dan informal, anggota karang taruna, dan kelompok masyarakat. (sumber: www.diskes.jabarprov.go.id)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar